Saturday, February 21, 2009

Tips Hemat BBM

EKSTERNAL
1. Tekanan Ban
Pastikan tekanan ban kendaraan dalam kondisi optimal, tidak kurang tapi juga tidak berlebihan (sesuaikan dengan kondisi beban). Sehingga gesekan antara permukaan ban dengan jalan dapat berkurang.

2. Suhu Mesin Ideal
Jangan jalankan mesin dalam kondisi dingin hingga benar-benar tercapai suhu ideal. Mesin mobil bekerja secara optimal pada suhu yang cukup tinggi. Jika mesin bekerja pada suhu yang rendah akan membuat komponen mesin cepat mengalami kerusakan, detonasi, membuat polusi dan boros bahan bakar.

3. Gunakan Oli yang Sesuai
Gunakan oli yang sesuai dengan mesin anda, sehingga komponen mesin yang bergerak di dalamnya terlumasi dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengganti oli sesuai waktu. Soal merek itu cocok-cocokan.

Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
1. Suara mesin yang halus
2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
3. Suhu mesin stabil
4. Penguapan oli yang minim

4. Servis Rutin dan Uji Emisi
Servis rutin di bengkel resmi serta melakukan tune-up dapat menjaga kesehatan Jimny anda, karena jika ada parts yang sudah akan rusak dapat segera terdeteksi. Jangan lupa juga untuk melakukan uji emisi, sehingga dapat diketahui pembakaran bahan bakar yang optimal.

INTERNAL
1. Injak Pedal Gas Perlahan
Untuk menambah kecepatan, injak pedal gas perlahan-lahan, sesuaikan dengan putaran mesin, sehingga bahan bakar yang digunakan optimal dengan pembakaran di ruang mesin.

2. RPM Optimal
Untuk jalan dalam kota yang lebih sering macetnya, gunakan RPM optimal untuk masing-masing gigi perseneling. Untuk di Jimny sebaiknya pindah perseneling lebih tinggi setelah RPM menyentuh 3000 RPM.

3. Gunakan persneling yang sesuai
Jangan paksakan kendaraan anda untuk berjalan pelan dalam kemacetan atau berjalan dari kondisi berhenti dengan gigi lebih tinggi dengan dalih untuk mencapai RPM rendah, karena sesungguhnya hal itu membenani mesin. Begitu juga sebaliknya pada kecepatan tinggi.


No comments:

Post a Comment